Hari Kemerdekaan Indonesia 71

Assalamualaikum WR WB

    Alhamdulillah puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberi kita rahmat dan nikmat dalam jiwa dan raga kita yang pada skala luas memberi kemerdekaan bangsa kita.

Pada bulan kemerdekaan Republik Indonesia, SMA Muhammadiyah 1 Babat menyambut dan memeriahkan dirgahayu Republik Indonesia yang ke 71 yang berslogan ” Indonesia kerja nyata” dengan dua jenis kegiatan yaitu kegiatan internal dan external.

Dalam kegiatan internal, SMA Muhammadiyah 1 Babat mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan antar kelas (class meeting) baik kegiatan yang berhubungan dengan akademik maupun non akademik. Kegiatan internal ini berlangsung dua (2) hari dimulai tanggal 15 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 16 Agustus 2016.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di seperti layaknya mengikuti KBM (Kegiatan belajar mengajar). Kegiatan class meeting ini bertujuan melatih siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Babat untuk menjadi seorang siswa yang tangkas, cerdas, kreatif, supportif dan berkarakter.

Kegiatan class meeting ini di buka langsung oleh bapak kepala sekolah Nurul Huda, S.Ag, S,Pd. Di dalam sambutannya beliau memotivasi seluruh siswa dan siswi SMA muhammadiyah untuk berkaca kepada kakak – kakak kelas mereka yang sudah mendunia dalam menorah prestasi. Dengan adanya slogan Indonesia kerja nyata, bapak kepala sekolah menekankan untuk menjadi pelajar penerus para alumni bersama – sama untuk mengkobarkan semangat untuk meraih prestasi yang pernah di sandang oleh kakak alumni, beliau berpesan lagi untuk mewujudkan bahwa mereka bisa seperti kakak – kakak alumni.


(Pembukaan Class meeting)

Acara pembukaan class meeting berjalan dengan sangat meriah dengan pemotong balon dan pengikabaran spanduk yang tertulis HUT RI 71th bersama SMA Muhammadiyah 1 Babat. Setelah acara pembukaan selesai. Acara langsung di mulai dengan berbagai jenis perlombaan dalam dua hari. Di hari pertama jenis perlombaan yang di lombakan antara lain, Bakar Suku (balap karung masukkan paku), Palakadas (sepak bola berdaster), Calon (pecah balon), olympiad, dan (Goku) goresan kuas muhiba. Hari kedua jenis yang di lombakan adalah Sersan (pentas seni).

Di hari pertama kegiatan berlombaan diadakan di dua tempat yakni di lapangan dan di dalam kelas. Kegiatan yang di adakan di lapangan adalah kegiatan yang bersifat ketangkasan yakni Bakar Suku (balap karung masukkan paku), Palakadas (sepak bola berdaster), dan Calon (pecah balon). Sedangkan yang di dalam kelas yakni Olympiad yang meliputi pelajaran UNAS dan Goku (goresan kuas muhiba) yang bertemakan HUT RI 71th.

Pada perlombaan Bakar Suku ini di awali dengan perlombaan antar guru yang mana lomba ini hanya bertujuan untuk memotivasi siswa untuk selalu semangat dalam mengisi kemerdekaan. Perlombaan ini di menangkan oleh bapak Ihsanu tetapi dalam perlombaan ini panitia tidak menyediakan hadiah kepada bapak/ibu guru karena sifatnya hanya berpartisipasi. Selanjutnya semua perlombaan di serahkan sepenuhnya kepada seluruh siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Babat. Semua perlombaan tersebut berlangsung sangat meriah. Untuk lomba Bakar Suku di menangkan oleh TIM dari kelas kelas XII IPS 1 sebagai juara pertama dan dari Tim kelas XII IPA 2 sebagai juara kedua.


( Perlombaan antar Pendik dan Tendik)

Palakadas ini adalah sepak bola yang diikuti kaum adam dengan memakai daster panjang. Dalam perlombaan ini di selingi music dengan catatan jika selama perlombaan tiba – tiba terdengar suara music maka tim harus berhenti sambil menari sampai suara music hilang. Dalam perlombaan ini menghasilkan 2 (dua) pemenang. Pemenang pertama adalah dari Tim kelas XI IPS 1, dan pemenang kedua adalah dari Tim kelas XII
IPS 1.


(Lomba Palakadas)

lomba Calon (pecah balon) adalah perlombaan yang dilakukan bersama tim tiap tim beranggotakan 2 siswa masing – masing tim membawa balon yang diapit oleh dua badan kemudian keduanya berjalan menuju peletusan balon dengan memakai topi. Perlombaan ini di menangkan oleh kelas XI IPA 2 sebagai juara pertama dan kelas XII IPS 2 sebagai pemenang kedua.


( Lomba Calon)

Pada Olympiad, perlombaan ini dibagi dua program yaitu program kelas IPA dan program kelas IPS. Untuk program kelas IPA di menangkan oleh kelas XI IPA1 sebagai juara satu (1) kelas X IPA 1 sebagai juara kedua (2). Sedangkan untuk program kelas IPS, juara kesatu (1) adalah kelas XII IPS 2 dan juara kedua (2) adalah kelas XI IPS1.


(Olympiad)

Untuk perlombaan Goku pemenangnya jatuh pada kelas XII IPS 2 sebagai juara pertama dan kelas XI IPS 2 sebagai juara kedua.



( Hasil karya siswa)

Di hari kedua kegiatan perlombaan sepenuhnya di adakan di lapangan SMA Muhammadiyah 1 Babat. Di hari terakhir class meeting adalah (Sersan) pentas seni yang mana setiap kelas di wajibkan untuk menampilkan lagu daerah dan lagu bebas. Perlombaan ini di sambut sorakan antusias oleh seluruh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Babat sehingga lapangan SMA Muhammadiyah 1 Babat tampak lautan penonton apalagi keikutsertaan alumni. Kakak alumni datang sendiri beserta grupnya untuk ikut serta memeriahkan kegiatan di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Kakak alumni merasa sangat senang karena mendapatkan kesempatan untuk menghibur adik-adiknya kata Rizal alumnus SMA Muhammadiyah 1 Babat 2016.
Dalam perlombaan pentas seni ini di menangkan oleh kelas XI IPS 1sebagai juara pertama (1) dan sebagai juara kedua adalah kelas XII IPA3. Di hari kedua ini sekaligus acara pembagian hadiah dan penutupan yang juga langsung di tutup oleh bapak kepala sekolah.


(Lomba Sersan)


( Penampilan kakak- kakak alumni)

Dalam kegiatan external, SMA Muhammadiyah 1 Babat turut serta memeriahkan kemerdekaan yang diadakan oleh kecamatan Babat. Kegiatan tersebut adalah perlombaan gerak jalan, lomba MTQ, tumpengan malam tirakatan dan upacara detik-detik kemerdekaan.

Dalam lomba gerak jalan, SMA Muhammadiyah 1 Babat mengeluarkan 4 tim masing –masing adalah 2 tim dari siswa kelas X dan gabungan IPM dan DA dan 2 tim dari siswi kelas X dan gabungan IPM dan DA. Dan satu lagi tim dari guru, SMA Muhammadiyah 1 Babat tahun ini hanya mengeluarkan 1 (satu) Team dari para bapak guru dan karyawan.


(Penampilan gerak jalan putri)

Dalam lomba MTQ, SMA Muhammadiyah 1 Babat menampilkan 2 duta yaitu Afifatin Mawardhah kelas XII IPA dan Puji Aviv Rochali kelas X IPA 2. Acara ini berlangsung pada tanggal 11 Agustus 2016 di Masjid AR Roudhloh Babat.

Sebagai bukti partisipasi SMA Muhammadiyah 1 Babat dalam kegiatan mengisi kemerdekaan yang di adakan oleh kecamatan Babat yakni pada malam tasyukuran kemerdekaan, SMA Muhammadiyah 1 Babat turut menyumbangkan tumpeng.

Upacara detik – detik kemerdekaan yang tepatnya tanggal 17 Agustus 2016 bertempat di lapangan sawogaling Babat bersama kelompok paskibraka yang anggotanya juga dari siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Babat. Upacara ini di bagi dua session yaitu session pagi dan session sore. Untuk upacara pengkibaran bendera (pagi) pesertanya adalah dari seluruh kelas X IPA. Sedang untuk upacara penurunan bendera (sore) pesertanya adalah dari seluruh kelas X IPS.

Alhamdulillah serangkaian acara kegiatan dalam rangka menyambut HUT RI 71th telah berjalan dengan lancar dan meriah. Selanjutnya seluruh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Babat kembali beraktifitas dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk mewujudkan semangatnya seperti dalam slogan HUT RI 71th “Indonesia kerja nyata” bahwa seluruh SMA Muhammadiyah 1 Babat bisa mewujudkan slogan tersebut dengan menorehkan prestasi gemilang seperti kakak – kakak alumni. Ammiin ya Alloh.

Wassalamualaikum WR. WB

5 Responses to Hari Kemerdekaan Indonesia 71

  1. agalchus berkata:

    good n good news. viva for smauh1ba

  2. senang sekali dapat menemukan sekaligus membaca artikel anda. Ini sangat membantu. Selalu semangat untuk share karya anda. Sukses !
    http://www.malangoutbound.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *