Hari Kesaktian Pancasila

Pada tahun 2021 masyarakat Indonesia memperingati hari kesaktian Pancasila ke-55.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bermula dari surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966).

Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dilakukan oleh seluruh slagorde (pasukan) Angkatan Darat dengan mengikutsertakan angkatan lainnya serta masyarakat.

Menurut Hamid Abdullah, dkk. (1987) dalam buku Tingkat Kesadaran Sejarah Masyarakat Propinsi Jawa Tengah: Kotamadya Semarang, peringatan ini berupaya memperingati Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang sakti dan tidak bisa digantikan dengan apa pun.

Peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila, memang tak lepas dari Gerakan 30 September 1965 oleh PKI yang menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur.

Peringatan kesaktian Pancasila pertama kali dilaksanakan di Lubang Buaya, Jakarta pada 1 Oktober 1966.

Dilansir dari situs resmi Kemendikbud, peringatan hari kesaktian Pancasila tahun ini mengambil tema ‘Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila’.

Sumber: detik.com

1Oktober #HariPancasila #SekolahKader #SekolahKreatif #SekolahInovatif #MuhibaSaja #HobiBerkarya #TradisiJuara #RaihPahala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *