Doa Ketika Tertimpa Musibah

Alhamdulillah puji syukur masih kita panjatkan kepada Allah Swt yang sampai saat ini masih memberikan karunia, hidayah, serta nikmatNya kepada kita. Selamat malam semua.

Beberapa hari terakhir ini Tanah Air Indonesia sedang dilanda bencana dan musibah bertubi-tubi. Selain berupaya bangkit dari keterpurukan, ada baiknya kita juga membaca do’a saat tertimpa musibah.

Musibah atau cobaan adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh manusia di dunia. Musibah menjadikan kita sebagai sosok yang lebih kuat dan tentunya akan menaikkan derajat manusia di mata Tuhan.

Selain itu, Allah Swt menciptakan musibah sebagai ujian untuk umatNya agar kembali padaNya. Namun, meski Allah Swt menurunkan musibah untuk umatNya, Allah Swt juga menurunkan kemudahan dan banyak bantuan bagi umatNya agar bisa melalui musibah tersebut.

Menurut Q.S. Al-Anbiya’ ayat 87-88, manusia dianjurkan untuk memperbanyak do’a dan bertaubat kepada Allah Swt saat tertimpa musibah agar Allah Swt mengijabah do’a-do’a kita.

Dalam surat tersebut, dikisahkan bahwa Nabi Yunus pergi meninggalkan kaumnya dalam kondisi marah karena kaumnya tak kunjung taat kepada Allah Swt. Padahal, kala itu Allah Swt tidak memerintahkan Nabi Yunus untuk pergi. Akibatnya, Allah Swt menghukum dengan memberikan Nabi Yunus musibah berupa ditelan hidup-hidup oleh ikan paus atau Zun Nun.

Dalam kondisi kegelapan, kesusahan, dan kesempitan di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus bertaubat dan mengakui kezalimannya karena meninggalkan kaumnya. Lalu, Nabi Yunus pun berdo’a. Kemudian, Allah Swt pun menyelamatkannya dari musibah tersebut. Itulah mukjizat dari do’a ketika sedang mengalami musibah. Selalu ingat bahwa dalam kesulitan, Allah menghadirkan ribuan kemudahan untuk umatNya yang sedang diuji.

MasyaaAllah Alhamdulillah. Nah teman-teman, disaat kita mendapat musibah sebaiknya kita langsung berdo’a dan meminta petunjuk kepada Allah. Bukan malah merenungi nasib dan menyalahkan diri sendiri ataupun orang lain.

Terima kasih sudah membaca, semoga dari cerita singkat tersebut kita bisa mengambil hikmah dan manfaatnya.

Info PPDB:
🏫 SMA Muhammadiyah 1 Babat, Jln Raya Babat no 180 Babat Lamongan
⏰  07.30 sd 12.30 WIB
🔗 ppdb.muhiba.smam1babat.sch.id
📱 wa.me/6281231949242 (WA only)
☎️ (0322) 451072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *