“Improved Ecologycal and Literacy Movements, Preparing 4.0 Generation”

Covid-19 yang melanda Indonesia belum juga usai. Keadaan terus memaksa kita melakukan banyak kegiatan secara virtual, hal ini menuntut PR.IPM SMA Muhammadiyah 1 Babat harus adaptif dengan keadaan. Proker yang dahulunya (sebelum pandemi) biasa diselenggarakan tatap muka kali ini dituntut jarak jauh dengan online.

Salah satu proker yang dituntut adaptif dengan keadaan adalah Fortasi atau Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa, Fortasi edisi kali ini di tahun 2021 kami laksanakan secara Online. Konsep fortasi tahun ini tidak jauh dari tahun lalu, yang mana tahun lalu kami sedikit lebih beruntung karena masih bisa datang ke sekolah meskipun hanya 2 hari. Lalu sekarang? Jangan ditanya, semua bersua lewat layar smartphone dan laptop nya masing-masing.

Fortasi merupakan gerbang awal dari pengenalan lingkungan sekolah. Mulai dari civitas, organisasi, ekstrakurikuler, sistem pembelajaran, sarana pra sarana dan masih banyak lagi. Fortasi juga merupakan pintu masuk pra perkaderan dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah di tingkat paling bawah atau Grass root. Selain itu Fortasi adalah gerakan paling awal untuk mengenalkan tentang Muhammadiyah.

Fortasi tahun 2021, PR. IPM SMA MUH1BA mengusung tema “Improved Ecologycal and Literacy Movements, Preparing 4.0 Generation”. Tema ini diusung dengan melihat keadaan pelajar sekarang yang tidak paham apa itu gerakan literasi, apa itu ekologi, dan apa itu 4.0 generation.

Ekologi merupakan upaya untuk tetap menjaga keseimbangan lingkungan agar senantiasa asri, terawat, dan bisa memberikan manfaat bagi kita. Ekologi yang kami usung memasang target untuk seluruh peserta Fortasi agar mampu mengolah barang-barang bekas yang selama ini menjadi problem di masyarakat. Hal ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa peduli lingkungan, jiwa kreatifitas, dan semangat meng-kampanyekan pentingnya menjaga alam.

Selanjutnya adalah Gerakan Literasi. Disadari atau tidak, literasi merupakan awal dari seluruh peradaban. Bahasa, tulisan, dan cara berbicara. Semua itu tidak akan jauh dari ranah pelajar. Bahkan berjalan berdampingan dengan kita. Hal ini juga yang menjadi perhatian lebih kami untung mengusung tema Gerakan Literasi.

Goals yang kami harapkan adalah seluruh peserta Fortasi 2021 mampu menjadi pelopor yang mendobrak stigma negatif yang berargumen bahwa literasi adalah hal yang membosankan dan mereka mampu menjadi generasi yang paham perkembangan zaman, berpikir kritis dan kreatif, serta mampu menjadi lokomotif pengkaderan Muhammadiyah.

Tahun ini kami mencanangkan ada 10 materi utama yang akan disampaikan kepada para peserta didik baru. Yakni Keislaman, Gerak Perkaderan Muhammadiyah, Wawasan Wiyata Mandala, Kurikululm 13, Ekstrakurikuler SMA MUH1BA, Psikologi Pelajar, Sosialisasi Covid-19, Organisasi IPM dan HW, Gerakan Literasi, dan Motivasi.

Keseluruhannya ada 10 materi yang akan disampaikan oleh para pemateri yang luar biasa dan berkompeten di bidangnya. Materi pertama yakni Keislaman, di isi langsung oleh Bapak H. Ma’ali Sofyan, S.Pd.I yang merupakan Waka Keislaman di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Selanjutnya adalah Gerak Perkaderan Muhammadiyah yang diisi langsung oleh Bapak Nurul Huda, S.Pd, S.Ag. Beliau merupakan Anggota Dikdasmen PCM Babat dan Waka Humas SMA MUH1BA.

Pemateri berikutnya yaitu Bapak Ahmad Maghfur, S.Pd selaku Waka Sarana dan Prasarana yang akan memberikan materi Wawasan Wiyata Mandala. Materi Kurikulum 13 dipegang langsung oleh Waka Kurikulum yakni Ibu Siti Qomariana, S.T. Hal ini juga sama untuk materi Ekstrakulikuler SMA MUH1BA langsung di isi oleh Bapak Pitut Saifudin Yunus, S.Pd. Gr selaku Waka Kesiswaan. Psikologi Pelajar juga disampaikan oleh pemateri yang berkompeten di Bidangnya, yaitu Ibu Yunia Emi Dwianty, S.Pd yang merupakan Guru BK SMA MUH1BA dan lulusan Pend BK Unesa.

MCCC Babat selaku gugus covid bertugas untuk menyampaikan materi tentang Covid-19. Untuk pemateri organisasi IPM dan HW, kami mengundang langsung kakak kita, teman kita, rakanda kita. Untuk ke-IPM an akan disampaikan oleh Ipmawan Ahmad Tiyos Suwoko selaku Ketua Bidang Perkaderan PR.IPM SMA Muhammadiyah 1 Babat periode 2020/2021. Untuk materi Ke-HW an akan disampaikan langsung oleh Rakanda Ian Pasha selaku Rimata DA HW Qobillah Soedirman SMA MUH1BA.

Materi Gerakan Literasi, kami mendatangkan Ketua Korps Fasilitator dan Pendamping PD. IPM Lamongan 2018 dan Anggota Bidang Perkaderan PD. IPM Lamongan. Beliau adalah Ipmawati Dwi Herdila Cahyani Putri. Dan materi yang terakhir, Ipmawan Faisal Bachtiar yang akan menyampaikan Motivasi guna membakar semangat para peserta fortasi. Beliau merupakan Anggota Bidang Perkaderan PW. IPM Jawa Timur 2018/2020.

Para pemateri yang luar biasa tadi, kami harapkan mampu menjadi awal semangat, awal inspirasi, dan awal pengenalan yang berkesan bagi seluruh peserta Fortasi. Meskipun disampaikan Via WhatsApp dan Via Google Meet semoga tidak mengurangi esensi dan substansi dari kegiatan tersebut.

Harapan besar semoga apa yang sudah kami rencanakan dan kami susun dari awal, dapat memberikan kesan dan pesan yang luar biasa untuk adek-adek peserta Fortasi.

Salam sehat, tetap jaga dan patuhi protokol kesehatan di manapun berada.

#SMAMuh1ba
#HobiBerkarya
#TradisiJuara
#RaihPahala
#IPMJaya

Oleh:
Ipmawati Afifah Khoirani
(Bidang Kader IPM MUH1BA 2020-2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *