Hari Koperasi Nasional ke-74

Hari Koperasi Nasional atau Harkopnas diperingati setiap tanggal 12 Juli.
Harkopnas tahun 2021 menginjak perayaannya yang ke-74.

Tema Hari Koperasi Nasional ke-74 tahun ini adalah “Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat” dengan tagline “Digitalisasi Menuju Koperasi Modern”.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Dewan Koperasi Indonesia, keberadaan koperasi di Indonesia diawali tahun 1886, tepatnya 16 Desember 1886.

Pada waktu itu R. Aria Wiraatmadja, Patih Purwokerto, mendirikan Hulp en Spaarbank, sebuah lembaga dengan model koperasi kredit Reiffeisen itu dimaksudkan untuk menolong kaum priyai dari lintah darat.

Sejak saat itu, koperasi mulai digiatkan dan ditempatkan sebagai bagian dari pelaksanaan politik etis. Masih dari sumber yang sama, perkembangan koperasi sebagai gerakan rakyat mulai muncul tahun 1908.

Gerakan yang dimotori oleh Boedi Oetomo itu ditandai dengan pendirian koperasi rumah tangga.

Pada tahun 1913, Syarikat Dagang Islam membangkitkan kehidupan berkoperasi di kalangan pedagang dan pengusaha tekstil bumi putra. Dan tahun 1927, kelompok Studie Club (Persatuan Bangsa Indonesia) membangkitkan gerakan koperasi sebagai wahana pendidikan ekonomi rakyat dan nasionalisme kebangsaan

#SMAMuh1ba
#HobiBerkarya
#TradisiJuara
#RaihPahala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *