Keyakinan Yang Harus Ditanamkan Ketika Mendapatkan Musibah Keburukan Dari Allah SWT

Allah Swt telah berfirman dalam quran surat Albaqoroh ayat 155 :
وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَا لْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَ مْوَا لِ وَا لْاَ نْفُسِ وَا لثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ 
“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155)

Ayat itu menjelaskan bahwa Allah akan memberikan ujian kepada seluruh hambanya dengan berbagai macam ujian. Ada yang dengan ujian itu membuat semakian dekat dengan Allah dan ada yang dengan ujian itu membuat manusia semakin menjauh dari Allah, keduanya adalah pilihan.

Sebagai hamba yang beriman sudah barang tentu mampu memberikan penyikapan yang lebih baik dalam musibah yang sudah Allah berikan. Karena dengan inilah yang mampu memberikan perbedaan antara hamba Allah yang beriman dengan hamba Allah yang kufur.

Penyikapan yang baik dan yang harus dilakukan sebagai hamba beriman adalah:

  1. Ketika Musibah datang percayalah kita tidak sendirian.
    Ketika hari ini kita merasakan sakit coba kita berfikir dan merenung ternyata masih banyak juga orang orang yang sakit seperti kita bahkan ada yang lebih parah daripada sakit yang kita derita.
  2. Ketika Musibah datang, percayalah musibah itu bukan yang pertama kali kita terima.
    Hari ini kita yang masih mampu berdiri tegak dengan segala kebaikan dan kesehatan ternyata tidak terasa apa itu semua didapatkan dengan segala bentuk banyakmya musibah dan ujian yang sudah kita jalani selama ini.
  3. Ketika Musibah datang, percayalah masih banyak yang bisa disyukuri.
    Kita berfikir lebih dalam lagi ketika kita bandingkan dengan musibah dan nikmat yang Allah berikan, tentu itu semua tidak sebanding dengan segala nikmat yang Allah berikan. Maka, sudah barang tentu ketika musibah datang harus kita yakini banyak masih banyak nikmat yang masih bisa kita syukuri.
  4. Ketika Musibah datang, percayalah akan ada kemudahan setelah kesulitan.
    Musibah yang seringkali kita sebut dengan segala kesulitan tetapi yang perlu kita ketahui setelah kesulitan itu Allah akan segera berikan kemudahan.
  5. Ketika Musibah datang, maka bersabarlah.
    Sabar adalah sebagian kunci dari kesembuhan. Sebagaimana apa yang telah disampaikan oleh ibnu sina dalam kitabnya bahwa ” kegelisahan adalah setengah penyakit, tentram dan damai adalah setengah obat, dan bersabar adalah awal dari segala kesembuhan”.
  6. Kesedihan yang membuat mu dengan dengan allah lebih baik daripada kebahagian yang menjauhkan dirimu dari Allah – Ibnu Taimiyah.

Dari 6 sikap inilah mari kita aplikasikan dalam setiap kehidupan ketika kita sedang menghadapi ujian.

Semoga Allah berikan ujian dan musibah yang mampu memberikan hikmah dan berkah dalam kehidupan.

Oleh :
Mazroatul Khoiroh Ummah
(Bidang Kajian Dakwah Islam PR. IPM SMA MUH1BA)

#Jumpa #JumatPagi #SekolahKader #SekolahKreatif #SekolahInovatif #MuhibaSaja #HobiBerkarya #TradisiJuara #RaihPahala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *